Minggu, 17 April 2011

Pengertian Seni Reklame


Seni Reklame
Seni reklame merupakan seni yang digunakan mempromosikan produk barang atau jasa dengan gaya yang menawan untuk meningkatkan gairah pembeli. Nilai seninya terdapat pada ungkapan kata atau kalimat, gambar, grafis dan desain.
Jenis reklame cetak antara lain : 
1) Logo
Logo bias menjadi bagian dari bentuk reklame yang lain, baik sebagai inisial/lambang dari badan usaha, organisasi atau instansil pemerintah

2) Stiker

Berbentuk gambar / tulisan pada kertas atau plastic yang ukurannya relatif kecil bagian bawahnya berperekat. 

3) Pamflet

Jenis reklame yang bentuk cetakannya relative sederhana. Berisi penawaran usaha atau ajukan.

4) Poster

Bentuk cetakan relatif lebih baik dan lebih besar dari pamflet. Isinya bias bersifat komersil (ajakan membeli suatu produk), pemberitahuan, diselenggarakan suatu acara, atau hibauan dengan gambar dan kalimat bijak.

5) Baleho

Berbentuk seperti papan pengumuman berukuran besar terbuat dari triplek,  seng, kain tebal atau plastic khusus yang digunakan pada tiang besi. Yang diletakkan diperempatan jalan strategis atau di depan gedung pertunjukan.

6) Advertensi

Terdapat pada surat kabar/majalahisinya berupa pengumuman/promosi produk barang/jasa dalam bentuk gambar dan kalimat.

7) Spanduk

Bahannya dari kain, biasanya berbentuk memanjang, dicetak dengan teknik sablon. Berisi pesan, himbauan, atau informasi dari yayasan atau organisasi politik. 

8) Brosur

Dicetak di atas kertas yang biasanya berlipat, berisi tentang keadaan suatu badan usaha/lembaga pendidikan agar masyarakat yang berkepentingan dapat mengetahui kegiatan dan faktor pendukung yang ada.

9) Katalogus

Seperti brosur, tetapi isinya daftar nama, gambar, harga, serta keterangan lain tentang barang atau jasa yang ditawarkan.

10) Etalase

Berupa ruangan kecil berdinding kaca di depan toko tempat barang dijual. Berisi display barang-barang yang dijual ditoko tersebut.

11) Cut out display

Berbentuk 3 dimensi, berupa balon atau model barang yang dipromosikan dalam ukuran besar yang diletakkan ditempat strategis disekitar toko.

12) Neon lamp and neon box

Neon lamp terbuat dari susunan lampu-lampu, pada bidang vertikal sehingga membentuk gambar berwarna/kalimat dari produk yang dipromosikan. 
Neon box terbuat dari kotak akrilik yang bertulisan/bergambar produk yang dipromosikan didalamnya terdapat lampu neon. 

6 komentar: